Diberdayakan oleh Blogger.

Bahasa

Kamis, 27 Maret 2014
  1. Object Sistem Informasi berasal dari Dinas Pertanian, Perkebunan & Kehutanan Kota Samarinda.
  2. Sistem Informasi yang terdapat pada Dinas Pertanian, Perkebunan & Kehutanan antara lain :
    1. Sistem Informasi Perencanaan Anggaran
    2. Sistem Informasi Kebutuhan Teknologi Tani
    3. Sistem Informasi Pelayanan Usaha Tani
    4. Sistem Informasi Laporan Hasil Tani
    5. Sistem Informasi Keuangan
  3. Gambaran Sistem
    1. Sistem Informasi Perencanaan Anggaran, Sistem Informasi ini adalah Sistem yang di gunakan pada bagian Perencanaan Program yang inputnya di dapatkan dari hasil pelaporan masing-masing bagian setiap bulannya berupa lembaran “LAPORAN BULANAN REALISASI ANGGARAN BELANJA LANGSUNG APBD” dan di buatkan menjadi laporan rekapan laporan tahunan yang tiap tahunnya di sampaikan ke Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan & Kehutanan. Sistem ini ini juga berfungsi sebagai tempat pengumpulan data, usulan suatu program kerja pada dinas pertanian.
    2. Sistem Informasi Kebutuhan Teknologi Tani, Sistem Informasi ini adalah Sistem yang di gunakan pada seksi Sarana & Prasarana pada Bidang Produksi, Sarana dan Prasarana. Pada sistem ini sendiri terdiri atas data detail Kelompok Tani,Informasi Pupuk & Pestisida, Informasi Unit Alat bantu pertanian. Dari sistem informasi ini ini di hasilkan output uraian kegiatan penyaluran kebutuhan teknologi tani yang nantinya diserahkan ke bagian perencanaan program.
    3. Sistem Informasi Usaha Tani, Sistem Informasi ini adalah sistem yang di gunakan pada Bidang Bimbingan Usaha & Perlindungan pada Dinas Pertanian berisikan informasi data ukm di bidang pertanian,informasi anggaran biaya promosi yang hasilnya berupa output berupa LAPORAN BULANAN REALISASI ANGGARAN BELANJA LANGSUNG APBD yang akan di proses kepada bagian Perancanaan Program.
    4. Sistem Informasi Laporan Hasil Tani, Sistem informasi  ini adalah sistem yang di gunakan pada Seksi Produksi pada Bidang Produksi, Sarana & Prasarana di dapatkan dari laporan mantri tani yang di tugaskan pada setiap kecamatan hasil tani berupa data luas lahan tani, luas panen untuk setiap komoditi, dan insentifikasi. Output dari sistem ini sendiri berupa laporan berupa laporan kepada kepala dinas, dan bagian perencanaan program untuk anggaran perencaan operasional.
    5. Sistem Informasi keuangan, Sistem Informasi ini adalah sistem yang di gunakan pada  pada seksi keuangan pada Sekretariat,Sistem ini digunakan untuk mengelola,memonitor keuangan guna ke butuhan dinas pertanian, sistem ini terhubung dengan sistem informasi perencanaan anggaran.
  4. Semua Sistem Informasi yang ada pada Dinas Pertanian, Perkebunan & Kehutanan Kota masih dalam pembuatan laporan masih manual menggunakan microsoft Office Excel.
  5. Kelemahan dan Kekurangan dari semua sistem adalah semua masih di kerjakan secara manual sehingga tidak memakan banyak waktu, ketika suatu data di perlukan sulit di cari, data rentan hilang, keamanan data sangat kurang. 
  6. Solusi dibuatkan suatu Program Aplikasi untuk masing-masing bagian yang databasenya tersimpan di satu server agar pengaksesan data lebih mudah, cepat & aman.

0 komentar:

Posting Komentar